Uncategorized

XXX 5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Gabung Paguyuban Mahasiswa

Written by admin

ilustrasi paguyuban mahasiswa

Ilustrasi paguyuban mahasiswa (pixabay)

Menyandang status sebagai mahasiswa baru tentunya juga akan mengundang banyak pikiran di kepala. Mulai dari bagaimana belajar yang benar agar IP bagus, cara adaptasi yang baik, sampai cara mencari tempat tinggal yang dekat dengan kampus. Biasanya, calon mahasiswa dari luar daerah punya lebih banyak kebingungan dan pertanyaan.

Bertanya ke senior adalah jalan terbaik, karena senior sudah teruji pengalamannya dalam menjalani hari-hari kuliah di kampus yang sama. Akan tetapi, gimana dong kalau kita nggak punya kenalan siapa pun saat baru masuk kuliah?

Paguyuban bisa jadi salah satu alternatif untuk mencari informasi penting tentang kuliah. Paguyuban adalah perkumpulan mahasiswa dalam satu kampus yang berasal dari suatu wilayah di Indonesia. Nama paguyuban setiap daerah di setiap kampus juga biasanya beraneka ragam, sesuai kreativitas para anggotanya. Biasanya, di setiap awal penerimaan mahasiswa baru, paguyuban dari berbagai daerah di Indonesia akan mengajak para mahasiswa baru untuk bergabung. Di paguyuban ini, kita akan dipertemukan dengan sesama mahasiswa atau alumni dari berbagai angkatan yang memiliki asal daerah yang sama dengan kita. Bagi kamu para mahasiswa baru yang masih belum mengenal lingkungan kampus dan tempat tinggal baru kamu dengan baik, tentunya akan ada banyak manfaat saat kamu bergabung di paguyuban. Apa aja sih manfaatnya?

 

  1. Koneksi dengan Senior

Sebagai mahasiswa, hubungan dengan senior bisa dibilang lumayan penting. Banyak hal dari kuliah kamu yang dapat dimudahkan karena informasi dari senior. Nah, gabung di paguyuban bisa banget membantu kamu sebagai pemula di dunia perkuliahan untuk menciptakan koneksi dengan senior. Hal-hal seputar perkuliahan mulai dari bingung memilih dosen, sulit mengerjakan tugas-tugas, sampai tips presentasi yang bagus bisa langsung ditanyakan kepada senior di paguyuban. Selain menanyakan tugas, koneksi dengan senior di paguyuban juga berguna dalam hal lain, misalnya kamu dapat meminjam buku yang sudah tidak dipakai oleh senior. Lumayan banget kan untuk ngirit pengeluaran?

 

  1. Mengurangi Rasa Kangen dengan Kampung Halaman

Menjalani kuliah jauh dari keluarga dan kampung halaman pasti membuat kamu merasa rindu. Kalau sudah begitu, paguyuban bisa menjadi tempat pelarian kamu. Cerita tentang kampung halaman dan keluarga akan terasa lebih nyambung dengan teman-teman paguyuban kamu dan rasa kangen pasti bisa disiasati. Teman-teman, junior, dan senior di paguyuban bisa bikin kamu jauh dari rasa homesick yang menyiksa.

 

  1. Kreativitas Terus Meningkat

Paguyuban tentunya bukan sekedar ajang kumpul-kumpul saja. Seringkali paguyuban juga menggelar acara-acara untuk menjalin dan mendekatkan hubungan anggotanya. Nah, dari acara-acara yang dilaksanakan itu, kamu tentu bisa menyumbangkan ide-ide kreatif demi mendukung acara tersebut agar semakin memiliki lebih banyak manfaat.

 

  1. Belajar Kemampuan Berorganisasi

Supaya paguyuban tetap berjalan di jalur yang seharusnya dan senantiasa menjadi tempat yang bermanfaat, tentu paguyuban juga memiliki struktur organisasi dan badan pengurus. Dengan menjadi bagian pengurus paguyuban, kamu bisa belajar organisasi dalam lingkup yang tidak terlalu besar. Hal ini bisa menjadi bekal untuk kamu ke depannya, baik di tingkat kuliah yang sedang berjalan, atau bahkan bekal untuk kehidupan kamu setelah lulus kuliah.

 

  1. Keluh Kesah Terlampiaskan

Setiap orang punya cerita dan masalah masing-masing. Memiliki teman-teman dari daerah yang sama, sedikit banyak membuat kita memiliki rasa kedekatan yang lebih besar. Mereka bisa menjadi tempat untuk kamu bercerita sekaligus mengeluarkan keluh kesah kehidupan perkuliahan yang sebelumnya asing bagi kamu. Kamu dan teman-teman di paguyuban bisa sama-sama bercerita dan memberi tanggapan tentang keluhan atau masalah yang dihadapi selama berada di tempat kuliah. Jadi, resiko stress pun bisa dikurangi!

 

Itu dia manfaat-manfaat yang bisa kamu rasakan saat bergabung menjadi anggota paguyuban di kampus. Jadi nggak perlu bingung lagi untuk mencari informasi di lingkungan baru tempat kamu kuliah. (SM/KR)

Leave a Comment